Blog ada di halaman pertama google search, SERP yang menipu

Bagaimana cara mengetahui posisi blog kita di search engine google yang tepat akurat?- Awalnya saya ingin menulis itu tapi malah berubah haluan cerita, jadi saya bahas saja dulu "hasil pencarian google yang kadang menipu".

Posisi blog atau peringkat artikel blog sering kali berubah-ubah dan berbeda-beda. Berubah-ubah bisa jadi karena adanya persaingan yang ketat pada kata kunci yang diperebutkan,  bisa jadi pula karena adanya efek google honeymoon.

Apa itu google honeymoon?. Google honeymoon adalah  fenomena kemunculan sebuah halaman web baru (artikel baru atau postingan baru) dalam kurun waktu tertentu, mungkin berlangsung sekitar satu sampai dua hari di halaman pertama google, sehingga tidak heran jika ada blog yang baru menerbitkan artikel tiba-tiba artikel itu langsung muncul di halaman pertama google. Tapi setelah kurun waktu tersebut artikel itu akan merosot jauh jika tidak mendapatkan backlink maupun share dan like facebook, tweet, atau plus Google plus dan faktor lainnya.
apa itu google honeymoon

Selain itu postingan baru mendapat posisi baik di halaman pertama google, karena algoritma google panda yang senang dengan fresh content, artikel unik berbeda dengan lainnya. Dengan adanya hal itu, jangan terlalu senang dulu jika artikel anda langsung muncul di halaman pertama google, tapi usahakan untuk segera mengoptimasi artikel tersebut agar jangan sampai jatuh kembali tersungkur ke halaman tujuh atau mungkin lebih.

blog ada di halaman pertama googleHal ini saya perhatikan pada sebuah blog yang pada salah satu artikelnya menampilkan hasil pencarian di google untuk kata kunci yang cukup berat persaingannya bahwa artikelnya telah ada di urutan pertama atau urutan atas, waktu itu ketika saya cek langsung hasilnya berbeda dengan di tampilkan karena posisinya telah berubah ke bawah dan baru saja saya cari kembali ternyata sekarang sampai halaman ke tujuh saya belum menemukan artikel tersebut.

Hal yang dapat menipu anda terkait posisi blog di search engine google adalah cookie yang tersimpan dalam browser, sehingga mungkin ketika sobat ingin mengecek posisi artikel ada di halaman ke berapa google, ternyata ada di halaman pertama, tentu sangat senang bukan ada di halaman pertama google?. Padahal tampilan itu hanya terjadi pada komputer yang sobat gunakan.

Mungkin itulah sebab sebagian blogger bertanya mengapa posisi artikel blog saya menurun ketika saya cek di warnet atau komputer lain?

Saya pribadi dulu pernah memiliki pengalaman terkait hal ini, yakni pada sebuah artikel berkategori Remaja beberapa kali saya mengecek posisi artikel itu karena mendapat ribuan pengunjung perharinya, tapi anehnya mengapa posisi artikel itu masih tetap di bawah? -mungkin sekitar urutan sembilan atau mungkin di halaman ke dua [saya lupa persisnya]- dan yang ada pada bagian atas (urutan pertama dan seterusnya) adalah artikel-artikel yang pernah saya buka.

Ketika main ke pos satpam dan iseng-iseng mencari di google lewat laptop teman dengan kata kunci yang sama, ternyata artikel tersebut ada di urutan Satu google, oh pantas saja pengunjung blog kumpulan artikel ini mendadak meningkat 500% lebih.

Selain itu agar tidak tertipu hasil pencarian di google maka silahkan cek sendiri posisi artikel yang disebutkan oleh seorang blogger, karena terkadang pada hasil yang ia tampilkan warna linknya telah berubah (tidak biru lagi) yakni sudah pernah dikunjungi alias cookie browsernya belum dibersihkan, sehingga jika artikel itu sering ia buka maka akan tampil di halaman pertama atau posisi teratas SERP (Search Engine Result Page).


Perhatikan juga pada kata kunci apa yang ia tampilkan atau disampaikan bahwa telah berhasil ada di urutan pertama google, karena terkadang kata kunci tersebut ternyata sangat rendah persaingan dan pencariannya, misal kata kunci "jono tidur di lapangan siang hari". Tentu untuk kata kunci itu posisi artikelnya akan langsung menang jadi juara satu di google.

Kesimpulannya: 1. Jangan terlalu senang ketika langsung ada di urutan atas halaman pertama google tapi segera pertahankan dan perhatikan jika ada penurunan posisi, salah satu faktor yang menyebabkan penurunan posisi adalah ada yang copy paste artikel tersebut sehingga terjadi duplikat konten.
Jika anda mengizinkan maka tidak jadi masalah, tapi jika tidak mengizinkan silahkan lapor ke google agar artikel tersebut di hapus, pada sebagian kisah blogger yang saya dapat, blognya di hapus langsung oleh google karena isinya adalah artikel copy paste semua.

2. Jangan langsung terlalu merasa terkejut atau yakin ketika ada yang menampilkan posisi hasil penelusuran di google ada di urutan pertama, tapi perlu di cek juga, kalaupun turun setidaknya masih ada di halaman pertama dan memang untuk kata kunci yang ketat persaingannya maka artikelnya akan mudah bergeser. Dan juga jangan pesimis bisa jadi ternyata artikel sobat ada di urutan pertama google.

Itu saja sedikit cerita atau pengalaman pribadi seorang newbie mungkin ada yang ingin menambahkan atau di tanyakan?