Cara Membuat Artikel Terkait Di Blog dengan scroll bawah posting

Cara memasang related post di bawah postingan- lagi lagi ini adalah lanjutan dari tutorial membuat blog,  panduan membuat artikel terkait blogspot dengan label ini saya rasa cukup penting untuk dimasukkan ke dalam blog ini karena beberapa hari ini -setelah memasang related post sederhana tanpa thumbnail- saya sudah sangat merasakan manfaatnya.

Mungkin ada yang bertanya, "Mengapa tidak dipasang dari dulu saja? kan banyak yang mengatakan bahwa menggunakan related post bisa membuat seo meningkat?"

Iya dulu pernah saya pasang tapi saya copot lagi karena dari beberapa referensi dan sedikit pengalaman pribadi disimpulkan bahwa google tidak senang dengan blog yang terlalu sering berubah alias tidak konsisten, semisal terlalu sering mengganti template atau mengubah ubah posisi widget atau bahkan mengganti alamat blog -kalau yang ini jelas BAHAYAnya- dan jenis perubahan lainnya, termasuk artikel terkait, yang akan mengalami perubahan setiap kali kita menambah postingan.

Ketidaksenangan search engine semisal google sama dengan penurunan ranking sama dengan penurunan jumlah pengunjung, ini hal yang tidak kita inginkan.

cara membuat artikel terkaitSelain itu dengan adanya penambahan script related post baik itu dibawah posting maupun di sidebar, maka akan mengurangi kecepatan loading blog, jadi untuk mengantisipasi itu saya menggunakan related post yang manual bukan otomatis, yakni menyebutkan dalam artikel atau di akhir artikel, mana saja artikel yang perlu di baca.

Contohnya saja pada artikel ini, saya memberikan link pada kata-kata yang terkait dengan artikel lainnya, atau menggunakan kata-kata: "silahkan untuk selengkapnya baca ....". Cara ini cukup efektif tapi agak repot.

Jadi kalau anggapan bahwa membuat artikel terkait ada sisi kerugiannya itu benar, maka sekarang dilihat untung ruginya saja. Mana yang lebih menguntungkan bagi blog anda maka itu yang dipilih.

Adapun blog ini karena artikelnya mulai banyak dan ketika mendaftar menjadi penerbit iklan google adsense harus memiliki navigasi yang baik, jadi saya memasangnya, dan efeknya adalah page view atau jumlah tayangan meningkat dan alexa rank meningkat, karena ketika ada yang berkunjung kesini dengan sebab sebuah artikel saja, selesai membaca ia tidak langsung kabur tapi membaca artikel terkait yang lain dan artikel itu membawanya ke artikel yang lain lagi begitu seterusnya sehingga satu pengunjung saja bisa membaca banyak artikel. Oleh sebab itulah alexa rank blog ini semakin meningkat dengan pesat.

Nah,, jadi dengan pertimbangan rugi untung di atas, hemat saya pasang saja artikel terkait di blog anda,,,berikut ini caranya:

Cara Membuat Artikel Terkait Keren Tanpa Thumbnail

1. Masuk Blogger >> pilih Template >> Backup template agar aman jika terjadi kesalahan >> pilih Edit HTML

2. Copy kode ini: </head>
3. Letakkan kursur didalam kotak Edit HTML, tekan CTRL + F lalu CTRL + V
4. Jika sudah ketemu kode tag </head> maka copy kode script dibawah ini : Caranya klik: link ini copi KODE 1

Dan paste atau letakkan semua code CSS tersebut sebelum tag </head> tadi.

5. Cari kode <data:post.body/> Sebagaimana anda tadi mencari </head> tadi lalu pilihlah <data:post.body/> yang paling bawah atau paling akhir sebagaimana sudah diulas pada cara membuat read more otomatis

6. Copy semua KODE 2 pada link tadi dan letakkan setelah <data:post.body/> tadi

7. Klik SIMPAN, lalu coba cek salah satu artikel anda apakah artikel terkaitnya sudah muncul? jika sudah maka SELESAI tapi jika belum maka coba pasang setelah <data:post.body/> yang sebelumnya ( <data:post.body/> yang ada di atasnya ), begitu seterusnya hingga berhasil sebagaimana yang terpasang pada blog ini.

Artikel terkait di bawah posting yang simple dengan icon RSS ini, tidak menggunakan thumbnail (gambar) agar loadingnya pada web browser lebih cepat. Selain itu saya senang dengan tampilan related post sederhana ini karena terlihat lebih menarik dan lebih professional apalagi dilengkapi dengan auto scroll, sehingga tidak banyak memakai halaman blog.