8 Cara Agar Blog Banyak Komentar dan 5 Optimasi SEO pada Komentar

Pembaca sekalian, yang semoga tidak bosan untuk berkunjung ke blog ini. Setelah sebelumnya dibahas mengenai tips agar blog banyak pengunjung. Kali ini saya mencoba berbagi tips agar blog anda banyak yang berkomentar, karena terkadang ada blog yang pengunjungnya sudah banyak tapi komentarnya sangat sedikit atau tidak sebanding dengan jumlah yang datang. Lalu bagaimana kiranya, dengan blog yang sepi?! -seperti blog saya saat ini-

Dan mungkin ada yang bertanya, "mengapa berharap ada banyak komentar? yang pentingkan pengunjungnya banyak, bukan komentarnya?! bukannya komentar malah bikin repot jawab?!"

Wah, kalau yang ini jawabannya saya serahkan pada diri anda saja sebagai pembaca sekaligus pemilik sebuah blog, apa arti dan keuntungan sebuah komentar atau tanggapan bagi anda?

Supaya tidak kepanjangan, langsung kita lompat memulai

Cara agar blog banyak komentar


1. Kolom komentar yang standar
Jangan hanya menggunakan kolom komentar facebook, karena tidak semua blogger menyukai facebook, atau pernah suka tapi bosan dengan Facebook.

2. Membuat blog sebagai tempat berdiskusi
Dengan membuat artikel yang memancing sebuah diskusi, atau membutuhkan pendapat dan informasi tambahan dari pembaca. Tentunya dengan menyertakan kata-kata yang mengundang pembaca untuk ikut berbicara.

3. Anjurkan orang lain untuk berkomentar
Untuk memancing atau menganjurkan pembaca/pengunjung meninggalkan komentar, Anda bisa menyertakan sebuah pertanyaan pada pesan formulir komentar, seperti misalkan: "Bagaimana menurut Anda?" atau "Apa Anda punya tips lain yang bisa di sharingkan? atau berupa kata-kata permintaan yang indah dan unik atau lucu, dan lain sebagainya yang Anda bisa kembangkan sendiri.

4. Segera berikan tanggapan pada komentar baru karena banyak pengunjung yang tertarik dengan blogger yang dinamis (cepat merespon setiap komentar baru).

5. Layani pertanyaan dan tanggapan mereka dengan baik dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan mereka. Kalau perlu sebut nama mereka, atau gunakan kata panggilan yang mereka senangi, ada yang senang di panggil bang, ada yang senang dipanggil sobat, agan, dan semisalnya.

6. Mudah dan nyaman berkomentar

-tanpa captcha, tentu kita merasakan mau komentar saja susah harus baca captcha dulu, belum lagi tulisannya sulit dibaca atau kadang kita yang salah masukkan kode sehingga komentar tidak muncul. Kalau karena alasan keamanan, blogger sepertinya cukup aman dari spam, jadi tidak perlu terlalu khawatir, saya sendiri belum pernah mendapat spam.

-kalau bisa tanpa moderasi karena rata-rata pengunjung senang kalau komentarnya langsung muncul, bisa ia lihat. Apalagi jika dia meyakini efektivitas mengklik link komentarnya sendiri agar cepat terindex alexa (sebagaimana disebutkan pada point ke 13 "cara agar blog banyak pengunjung"). Bahkan blog ini sempat ada yang sedikit protes, kok komentar saya tidak muncul?, ya saya jawab: masih dalam moderasi.

-kalaupun ada komentar yang tidak sesuai persyaratan berkomentar di blog anda, ya tinggal dihapus saja komentar itu. Paling tidak, pengunjung lain tidak direpotkan gara-gara kita ingin menghindari komentar usil dari satu atau dua orang saja.

Mohon Maaf, kalau tips ini pendapat saya sementara ini, karena saya masih merasa aman, tapi jika blog anda tidak merasa aman maka itu pilihan anda, atau anda punya alasan lain sehingga menggunakan moderasi dan captcha?. Saya pribadi bisa jadi suatu ketika menggunakan moderasi atau captcha lagi karena kondisi yang membutuhkan hal itu.

7. Beralih ke dofollow, karena banyak blogger mencari blog yang dofollow untuk menanam link blog mereka di blog anda untuk mendapatkan backlink. Tapi pertimbangkan dahulu untung rugi menerapkan tips yang satu ini.

8. Berkomentar di blog lain, agar dikenal luas oleh para blogger dan buat mereka juga bersedia berkunjung dan berkomentar di blog anda. Tips ini berkaitan dengan artikel cara meningkatkan jumlah pengunjung blog dan perhatikan tips berkomentar di blog lain untuk optimasi seo.

Optimasi SEO pada komentar mengatasi spam


1. Mintalah pengunjung untuk menggunakan bahasa baku dan tanpa singkatan, agar mudah diterjemahkan google translate, karena bisa jadi ada pengunjung dari luar negeri yang ingin membaca blog anda. Selain itu, search engine google senang dengan bahasa yang baku karena menunjukkan blog anda bukanlah blog yang sekedar main-main.

2. Ketika anda menjawab komentar, maka sisipkanlah kata kunci yang dicetak tebal. Caranya: apit kata kunci tersebut dengan kode <b>......</b>. Contoh penerapannya bisa dilihat pada kotak komentar saya di blog ini, misal <b>optimasi seo untuk mengatasi komentar spam</b> anda juga bisa menggunakan <strong>....</strong>

3. Penyisipan kata kunci pada komentar tersebut, sebaiknya dilakukan sekali dalam setiap 100 kata komentar dari pembaca. Jadi walaupun baru ada satu komentar, tapi komentar itu sangat panjang hingga seratus kata, maka sudah cukup bagi anda untuk memunculkan satu kata kunci.

4. Mintalah pembaca untuk berkomentar sesuai topik, atau jika merasa kurang enak karena terlalu banyak permintaan dan persyaratan, maka perhatikan pertambahan komentar. Jika banyak komentar yang tidak sesuai topik--misal: semua komentar yang sekian banyak di blog anda isinya hanya ramah tamah dari pembaca yang baik "oke, mantap" "terima kasih bang, nice share, visit back" atau menggunakan singkatan dan bahasa tidak baku-- maka jawablah dengan balasan komentar yang berisikan kata kunci artikel tersebut. Contoh sederhana: "Terima kasih mas sudah bersedia mampir di artikel cara memikat pembaca agar berkomentar di blog dan optimisasi SEO pada komentar blog, mudah-mudahan bisa bermanfaat"

5. Mengatur link pada blog sebagai nofollow agar komentar tidak menjadi celah kebocoran poin halaman tersebut yang akan terus bertambah besar seiring bertambahnya komentar, jadi tips ini berkebalikan dengan point no. 7 di atas sehingga butuh pertimbangan.

Optimisasi pada kolom komentar ini akan membuat Google menganggap bahwa blog kita adalah blog yang memang mengusai topik tersebut, karena bisa mengundang orang itu menanggapi atau memberi komentar yang berkaitan dengan topik. Selamat mencoba optimasi ini dan semoga anda tidak sampai lupa dengan pembahasan awal kita tentang "cara agar blog ramai komentar"

Menurut sobat, dari tips itu mana yang paling efektif agar pengunjung mau berkomentar?